Rabu, 22 Juli 2015

Ikatan Alumni



Secara otomatis, semua lulusan JKL Purwokerto (d/h SPPH, APK-TS, PAM-SKL dan AKL Purwokerto) adalah menjadi anggota Ikatan Keluarga Alumni. Pada awalnya  Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ini  masih terdapat pengelompokkan sesuai tahun kelulusan dan nama lembaga pendidikan ketika itu (SPPH, APK-TS, PAM-SKL dan AKL Purwokerto).

Menyadari bahwa pengelompokan alumni  sesuai tahun dan nama lembaga pendidikan tersebut akan mengesankan  adanya ketidak kompakan, maka pada tanggal 9 September 1999 (09-09-09) dilaksanakan Kongres I Sanitarian Alumni AKL Purwokerto Yang diprakarsai oleh Sugeng Abdullah (mantan ketua senat  tahun 83/84). Pada saat itu sidang yang dipimpin oleh Kabul  Budiono (mantan ketua senat tahun 93/94)  memutuskan bahwa semua alumni yang lahir dari lembaga pendidikan sama tapi  dengan nama yang berbeda  melebur menjadi satu.

Nama ikatan alumni yang dipilih  terdengar "Aneh", tapi ini adalah keputusan Kongres I.  Namanya adalah : "IKATAN SANITARIAN ALUMNI KAMPUS KARANGMANGU BATURRADEN". Nama ini diusulkan  oleh Ali Maksum (Madura) yang kemudian disepakati oleh peserta kongres.  Ketuanya terpilih Sdr Sugeng Abdullah dan Wakil Ketua Sdr Kabul Budiono. Kongres I juga mengamanatkan kepada pengurus untuk mendirikan Yayasan yang bertujuan untuk pemberdayaan sanitarian.

Sebagai tindak lanjut amanat kongres I, pengurus kemudian "memaksa" mantan direktur pertama lembaga ini (Bpk Abudari Moh Ngarsin, SKM) untuk bersedia sebagai pendiri Yayasan. Biaya pendirian diperoreh dengan cara "memaksa" iuran  kepada para alumni dan mantan pejabat yang merasa peduli terhadap keberadaan Sanitarian. Nama yang diusulkan ketika itu adalah Yayasan Sanitarian Indonesia, namun oleh pendiri kemudian diubah menjadi Yayasan Sanitarian Banyumas (disingkat YASAMAS yang berarti jasa emas, maksudnya memberikan pelayanan / jasa dengan kualitas emas / prima).  

Akhirnya Yasamas memang benar-benar terwujud pada tanggal 2 Pebruari 2002 (02-02-02), dihadapan Notaris Nuning Indrawati, SH di Purwokerto. Untuk pertama kalinya  jabatan - jabatan dalam Yasamas ditentukan  sbb. :

Pembina :
Drs Abudari Moh Ngarsin, SKM
Soeparman, MSc
Sujoto Hernady, MSc

Pengawas :
Zaeni Budiono, BE

Pengurus :
Sugeng Abdullah, SST  (Ketua)
Arif Widiyanto, SPd (Sekretaris)
Sri Hartini, AMd (Bendahara)

Sesuai AD Yasamas, dalam menjalankan tugasnya pengurus mengangkat Direktur Lembaga. adapun para direktur lembaga dimaksud adalah sbb. :

Hari Rudiyanto IW, ST (Direktur Lembaga Pendidikan)
M. Choiroel Anwar, SKM (Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan)
Romliyanto, AMd KL (Direktur Lembaga Peyanan Kepada Masyarakat).
Suparmin, SST (Kepala Divisi AKAEL Pest Control)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar